Akreditasi Institusi/Lembaga Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan dan ISO 9001-2015

Pada akhir tahun 2021 Badan Pengembangan SDM Kesehatan atau yang sekarang adalah Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan telah menerbitkan Pedoman Akreditasi Institusi /Lembaga Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan dengan mengacu pada Peraturan Lembaga Administrasi Negara no. 13 tahun 2020 tentang Akreditasi pelatihan serta Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara nomor 1874/K.1/PDP.09/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Akreditasi Pelatihan Yang Menjadi Kewenangan Lembaga Administrasi Negara.

Pedoman ini sangat berbeda jauh dengan pedoman-pedoman sebelumnya, sehingga seluruh tim penyusun dokumen harus merubah seluruh dokumen akreditasi institusi sebelumnya.

Pada tahun 2022 ini kami Upelkes Dinkes Provinsi Jawa Barat juga sedang berupaya untuk meraih standar internasional ISO 9001-2015, yang apabila dilihat dari kelengkapan dokumen dan istilah-istilah yang digunakan sebagian besar sama. Hal ini kadang menguntungkan kami tetapi kadang banyak juga membingungkan kami.

Tetapi dari kebingungan-kebingungan tersebut muncullah ide untuk mengintegrasikan dokumen akreditasi dan dokumen ISO melalui aplikasi SIAKBAR (Sistem Informasi Akreditasi Jawa Barat) yang dibuat dan diinisiasi oleh salah seorang staf pelaksana yang mempunyai imajinasi luar biasa yaitu Septian Fauzan Suganda, Skep. Ners.

Langkah kami dalam mengintegrasikan akreditasi institusi dan ISO adalah;

  1. Identifikasi dokumen akreditasi institusi dan dokumen ISO.
  2. Mengupload dokumen yang sudah diverifikasi dan divalidasi pimpinan
  3. Melaksanakan rapat rutin tim penjamin mutu untuk menelaah kelengkapan dokumen

Dengan langkah tersebut, pemenuhan dokumen meningkat. Memang masih ada beberapa dokumen yang perlu disepakati bersama kembali, tetapi proses ini kami jalani sebagai bagian dari continouse improvment

Alhamdulillah… pada tanggal 25 Mei 2022 kami Upelkes Dinkes Prov. Jawa Barat dapat meraih sertifikat ISO 9001-2015. Dimana di tahun sebelumnya , yaitu tahun 2020 kami sudah meraih Akreditasi A untuk Institusi/Lembaga Penyelenggara pelatihan Bidang Kesehatan. Hal ini berkat kerja keras, komitmen dan dedikasi yang tinggi dari semua pegawai Upelkes Dinkes Prov. Jawa Barat.

Tapi di sela-sela kebahagiaan dan kebanggaan tersebut, saya pribadi khawatir apakah kami dapat mempertahankan status tersebut??

Maka… ayo teman-teman semua pejuang akreditasi dan ISO untuk terus berkomitmen selalu menerapkan standar-standar yang telah kita susun bersama dan mendokumentasikan apa yang kita kerjakan serta selalu melaksanakan apa yang telah kita sepakati di dalam SOP, Ketentuan, Instruksi Kerja ataupun Standar-standar lainnya.

Terima kasih Pejuang Akreditasi dan ISO…

Bandung, 8 Juli 2022

Yanti Sulianti (Analis Pengembangan Kompetensi Ahli Muda)

Pranala Video Akreditasi ISO 9001:2015 UPTD Pelatihan Kesehatan dapat Klik disini

ISO Upelkes 8
ISO Upelkes 9
ISO Upelkes 11
ISO Upelkes 1
ISO Upelkes 3
ISO Upelkes 12
ISO Upelkes 13
ISO Upelkes 4
ISO Upelkes 2